News Update :
Home » » 6 Batu Akik jenis baru yang mulai diburu

6 Batu Akik jenis baru yang mulai diburu

Penulis : danu on Selasa, 10 Februari 2015 | 15.36

Majapahit Gemstone kali ini akan mengulas perihal Batu Akik jenis baru yang mulai diburu oleh banyak penggemar, yang dalam pandangan Majapahit Gemstone hal ini cukup berdampak positif karena lebih memperluas khasanah dunia Batu Akik di wilayah Nusantara ini, serta tidak lagi ter-sentral pada suatu wilayah atau daerah tertentu saja.

Alam Indonesia terbentang luas dari Sabang sampai Merauke setidaknya ada lebih dari 80 gunung api mulai dari Gunung Peuet Sague di Provinsi Aceh sampai Gunung Awu di daerah Sangihe Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Jajaran gunung api tersebut selain menyimpan potensi bahaya juga mengandung potensi kekayaan alam yang sangat berharganya. Salah satu kekayaan tersebut adalah simpanan berbagai jenis Batu Akik dan Batu Mulia.

Seiring dengan meningkatnya popularitas Batu Akik dan Batu Mulia yang melanda wilayah Nusantara saat ini, banyak masyarakat mulai mencari batu-batu di wilayahnya sendiri untuk dijadikan bahan membuat Batu Akik maupun mata cincin. Berangkat dari pencarian tersebut mulai satu persatu kekayaan alam bermunculan di sentra-sentra kerajinan dan tempat penjualan batu permata. Setidaknya Majapahit Gemstone mencatat ada enam nama batu jenis Akik (Agathe) pendatang baru yang mulai menjadi primadona bagi para kolektor (gemsholic).

1. Batu Sisik naga
Batu Akik Sisik Naga ini menjadi bahan pembicaraan pecinta batu mulia. Warnanya yang terang dan bercak garis mirip sisik naga ini memiliki daya tarik tersendiri. Batu Mulia asal Kabupaten Enrekang, Sulsel, dikenal dengan nama latin Septarian Nodule ini memiliki kekerasan yang bagus dan corak yang beragam. Sebenarnya batu jenis Septarian Nodule ini telah lama ditemukan di dunia, seperti di Rusia, Selandia Baru, dan Kasastan, namun menurutnya, jenis dari Kabupaten Enrekang ini yang terbaik.

Majapahit Gemstone

Kekerasan atau kepadatan Septarian Nodule dari Enrekang jauh lebih baik dibanding dari negara lain. Selain itu Sisik Naga Enrekang ini lebih kaya corak. Warga Enrengkang yang mayoritas petani ini, memanfaatkan waktu luang mencari Batu Sisik Naga di sungai, untuk dijual seharga Rp 100.000 per kilo gram.

2. Red Borneo
Siapa bilang Batu Ruby hanya ada di Tanzania atau India. Indonesia punya batu permata yang tidak kalah elok dengan Ruby, sebagian orang menyebutnya "Red Borneo". Batu asal Kalimantan yang saat ini tengah menjadi primadona, diprediksi bakal menjadi permata lokal terlaris disamping Batu Bacan. Batu Akik Red Borneo ini adalah batu solid yang memiliki kandungan rodocrosite, memiliki tekstur yang sangat unik, beberapa memiliki tekstur warna hitam dan terkadang ada tekstur berwarna krem muda yang sangat tipis pada permukaan batu. Warna merah cerah atau merah jambu dengan gurat dan bercak hitam rupanya merupakan keindahan tersendiri bagi batu Merah Borneo itu.

Majapahit Gemstone

Batu Red Borneo ini hanya bisa ditemukan di Kalimantan (Borneo), asal Kota Martapura. Julukan lain untuk Red Borneo adalah Ruby Kalimantan atau Natural Rhodonite. “Rhodonite” berasal dari kata Yunani untuk mawar (rhodon). Red Borneo umumnya berwarna merah jambu atau rose pink dengan inklusi dendritik hitam oksida mangan magnesium kalsium silikat dan merupakan anggota dari kelompok pyroxenoid mineral.

3. Batu Akik Gerindulu, Ponorogo
Batu Akik asal Kabupaten Ponorogo ini memikat banyak orang dan secara perlahan mulai menjadi Primadona. Batu akik "Gerindulu" termasuk dalam kelompok chalcedony atau kalsedon dengan rumus kimia SiO2 (silicon dioxide). Merupakan mineral silika yang tersusun oleh kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk dan microcrystalline. Batu Akik ini terbentuk dari hasil kristalisasi magma yang bersifat asam pada temperatur yang relatif rendah hingga menengah antara 200°C – 600°C.

Majapahit Gemstone

Lokasi keberadaannya dapat dijumpai pada zona rekahan, vein atau urat batuan yang telah mengalami proses silisifikasi. Tingkat kekerasan antara 6 sampai 7 dalam skala Mohs membuat batu ini masuk dalam kategori Batu Mulia. Warna batu ini cukup beragam antara lain kuning solar, merah, biru, putih, coklat dan hitam.

4. Fire Opal Wono Giri
Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah mempunyai ikon produk andalan baru berupa Batu Akik jenis Fire Opal, Konon, keindahan batu perhiasan itu mengalahkan pesona batu jenis serupa asal Meksiko dan Tanzania. Fire Opal tak kalah populer dibandingkan dengan batu perhiasan yang paling mahal dan populer. Batuan mulia itu juga banyak dicari sama halnya dengan Batu Bacan, Safir, Zamrud, Ruby, dan Topaz. Untuk skala Nasional, Fire Opal hanya ditemukan di Kabupaten Wonogiri, dan Fire Opal Wonogiri jauh lebih jernih ketimbang jenis yang sama asal Meksiko, sehingga Fire Opal Wonogiri diyakini akan mampu bersaing dengan yang berasal dari negara-negara lain.


"Sehingga barjad (kristal) api yang menjadi ciri khas jenis fire opal ini dapat bersinar terang jika terkena cahaya," ujar Edy salah satu penggemar akik asal Wonogiri. Fire Opal berkualitas terbaik didapatkan di Bukit Manggal, Desa Hargantoro, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Bentuknya beragam seperti Fire Opal Green, Red Fanta, Red Tea, dan Yellow Bimoli. Harganya mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta.

5. Red Baron Pacitan
Red Baron atau King Keladen merah asal Kabupaten Pacitan, Jawa Timur saat ini lagi digandrungi dan diburu oleh para kolektor. Batu ini masih satu jenis dengan agathe Bengkulu dari kelas Chalcedonny. Namun warna merahnya terlihat lebih terang. Namun rough dari Red Baron sendiri sangat langka dan susah mencari yang super. Saat ini rough (bahan ) batu ini cukup sulit didapat. Bahan batu Red Baron kualitas terbaik bisa dihargai 2 Juta perkilogramnya.

Majapahit Gemstone

6. Siklop Papua
Batu Siklop atau Cyclop berasal dari kawasan pegunungan Siklop yang berarti "air susu ibu" atau gunung ibu yang dikramatkan oleh suku setempat.  Hal tersebut yang membuat batu Siklop sangat langka di pasaran, bahkan material mentahnya pun sulit didapat karena berada di wilayah pegunungan. Warna batu ini cukup beragam dari merah, hijau, kuning, hitam, ada juga yang putih. Harga pasaran batu jenis ini cukup tinggi bergantung pada kondisi dan kualitas, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Majapahit Gemstone

Demikianlah uraian kami, Majapahit Gemstone tentang enam Batu Akik jenis baru yang mulai diburu oleh para kolektor/gemsholic

+ komentar + 3 komentar

23 Agustus 2015 pukul 22.01

*JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI DARI MALUKU UTARA*
(Chrysocolla chalcedony,Living Stone,Gem silica)
galian tanjung gulau (pulau kasiruta) halmahera selatan,maluku utara

No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

*BACAN DOKO SUPER*
================
*Berat 1 ons Rp 500.000
*Berat 5 ons Rp 1.250.000
*Berat 1 kg Rp 2.500.000
*Berat 2 kG Rp 4.250,000
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

*BACAN PALAMEA*
==============
*Berat 1 ons Rp 500.000
*Berat 5 ons Rp 1.000.000
*Berat 1 kg Rp 2.000,000
*Berat 2 Kg Rp 4.000,000
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

KONDISI BATU
============

* Natural (no treatment) asli bukan sintetis
* Bahan tua galian tambang sendiri
* Keras & Padat
* Siap Gosok
* Full daging tanpa kapur
* Kualitas super krystal
* Mineral (chysocolla chalcedony)

Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
Kami juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi/sms

No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86


#.stock terbatas
Siapa cepat dia dapat
Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
*Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
-Nama Lengkap
-Alamat lengkap
-No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
-Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:

No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan.

15 September 2015 pukul 06.17

JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
Kondisi bahan ;.
- Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
- Bahan tua (galian lama).
- Kualitas super kristal- Sudah tembus.
- Bahan keras dan padat.
- Siap gosok poles.
- Daging utuh, tanpa kapur.
- Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
- Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
Daftar harga :
1 0ns ; Rp 500rb
5.ons Rp.1.250.000
1.kg Rp 2.500.000
5 kg Rp 6.000.000
10 Kg Rp 8.000.000
15,kg Rp.10,000,000,
Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
Hp.082347225054
pin :2A846D86

#.stock terbatas
Siapa cepat dia dapat
Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
*Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
-Nama Lengkap
-Alamat lengkap
-No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
-Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
Hp.082347225054
pin :2A846D86

jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

25 November 2015 pukul 05.27

bagi para pncinta bongkahan batu alam(mulia)kami disini mau tawarkan bongkahan batu bacan asli,bagi para pencinta batu mau beli batu bacan degan harga terjangkau(murah) silakan intiv pin bbm kami 580A03A7 tapi apabila dalam pembelian agat partai besar kami berani berikan bonus,salam bisnis.......

 
Contact Us | Term of use | Site map
Copyright © 2013. Majapahit Gemstone . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger