News Update :
Home » » Mempercepat Batu Sungai Dareh jadi kristal

Mempercepat Batu Sungai Dareh jadi kristal

Penulis : danu on Selasa, 03 Februari 2015 | 20.02

Majapahit Gemstone kali ini akan membeberkan sebuah tips yang berkaitan dengan cara mempercepat Batu Sungai Dareh menjadi kristal. Tips ini diharapkan dapat membantu para gemsholic dalam upayanya merawat Batu Sungai Dareh yang saat ini mulai banyak dicari para kolektor.

Indonesia adalah negara yang kaya akan Batu Mulia yang mempesona hanya saja masih sedikit sekali yang dikenal masyarakat luas. Sebut saja ada Batu Bacan asal Halmahera Maluku Utara yang baru belakangan ini melejit namanya. Batu Kalimaya asal Banten yang terkenal akan kilauan aneka warna bila terkena cahaya. Batu Giok Lumut Aceh yang tentu saja berasal dari propinsi Aceh dan banyak lagi jenis batu berharga lainnya. Salah satu batu asli Indonesia yang saat ini mulai dikenal luas adalah Batu Sungai Dareh yang berasal dari sungai Batanghari, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Propinsi Sumatera Barat.

Majapahit Gemstone

Batu Sungai Dareh adalah sejenis Batu Giok yang memiliki warna kehijauan serta bila diberi cahaya maka akan tampak warna serta corak yang indah di dalamnya. Setelah dilakukan pengujian secara gemologi maka Batu Sungai Dareh disimpulkan sebagai Batu Mulia yang berjenis Idokras dan disebut juga sebagai Batu Mulia Vesuanite, sehingga tidaklah heran bila saat ini banyak sekali penggemar batu yang memburu Batu Sungai Dareh ini untuk dijadikan koleksi pribadi maupun untuk dijual kembali dan bukan hanya oleh kolektor lokal akan tetapi juga para kolektor dari berbagai negara yang turut memburu Batu Sungai Dareh ini. Tidak seperti Batu Bacan yang harus ditambang di kedalaman tanah, Batu Sungai Dareh sesuai dengan namanya diambil dari dasar sungai Batanghari yang kemudian melalui proses pengolahan yakni dipotong, digosok dan diperhalus sehingga terbentuk batu perhiasan yang indah untuk dijadikan mata cincin, kalung, gelang dan lain sebagainya.

Keindahan Batu Sungai Dareh yang sudah dibentuk terletak pada corak atau komposisi warna dalam batu, kilau hasil penggosokan yang sempurna, serta pantulan cahaya bila diberi cahaya dari atas. Seperti Batu Bacan dan Lumut Aceh maka Batu Sungai Dareh ini juga akan berproses menjadi kristal yang indah tentunya memerlukan waktu dan perawatan yang khusus. Batu Sungai Dareh yang telah menjadi kristal tentu harganya jauh lebih mahal dibanding yang masih proses, oleh karena itu pantaslah bila Batu Sungai Dareh yang telah mengkristal banyak dikenakan oleh orang-orang penting di negeri ini seperti mantan Presiden SBY, mantan Mendagri Gamawan Fauzi bahkan Presiden AS Barrack Obama pernah mengenakan cincin dengan mata Batu Sungai Dareh sebagai cinderamata dari Presiden SBY saat melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia dan tentunya mungkin banyak orang terkenal lainnya yang luput dari perhatian media.
Majapahit Gemstone

Disamping keindahan corak, kilau serta warna Batu Sungai Dareh ini ternyata juga memiliki kelebihan lain yaitu tingkat kekerasan Batu Sungai Dareh yaitu sebesar 7 skala Mohs yang setara dengan batu jenis Kecubung Amethyst sehingga semakin disukai oleh para kolektor.  Harga Batu Sungai Dareh bisa dibilang cukup tinggi yakni kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari ukuran serta proses yang sudah terjadi, dan yang paling populer dari jenis Batu Sungai Dareh ini adalah Kumbang Jati dan Pucuk Pisang.

Sebagaiman telah dijelaskan bahwa Batu Sungai Dareh ini berproses menjadi kristal, maka pada kesempatan ini Majapahit Gemstone akan sedikit memberikan tips bagaimana cara mempercepat kristalisasi pada Batu Sungai Dareh ini.

Caranya sangat mudah yakni :
  • Anda hanya perlu membeli air yang mengandung oksigen atau lebih dikenal dengan air Oxy yang banyak dijual di supermarket atau mini market di sekitar rumah.
  • Masukkan Batu Sungai Dareh dalam air oksigen dan tutup kembali dengan rapat. Biarkan kurang lebih 3 – 7 hari dalam wadah tertutup.
  • Keluarkan batu dan dijemur di bawah terik matahari minimal 1 jam dan maksimal 3 jam dalam sehari, setelah dijemur, rendam kembali batu dengan air oksigen dalam wadah tertutup rapat.
  • Lakukan berulang-ulang hingga diperoleh perubahan pada Batu Sungai Dareh menjadi kristal.  Mungkin baru mulai terlihat hasilnya setelah dilakukan selama 1 sampai 3 bulan.
Catatan :Selain air oksigen ada beberapa jenis air yang dipercaya juga dapat mempercepat proses kristalisasi yaitu air buangan AC dan air kelapa muda.

Demikianlah tips untuk mempercepat proses kristal Batu Sungai Dareh, semoga bermanfaat.

 
Contact Us | Term of use | Site map
Copyright © 2013. Majapahit Gemstone . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger